Oksigen (Golongan VIA) Pembahasan Sifat, Contoh Senyawa dan Pembuatannya

3 Mar

Hai, kali ini saya akan bahas mengenai oksigen, sebelumnya saya pernah membahas materi ini tapi karena ada satu “masalah” yang akhirnya membuat postingan saya disini pada hilang. Sebelumnya jika ada salah kata atau teori, silahkan berikan kritik dan masukan di komentar🙂.

Oksigen itu merupakan unsur penyusun udara yang jumlahnya melimpah karena 21% dari volume atau 23% dari massa udara penyusunnya adalah oksigen.

Asal muasal oksigen ini adalah penemuan Joseph Priestley yang mengarahkan sinar matahari pada Raksa (II) Oksida sehingga mengurai membentuk air raksa dan gas oksigen.

Menurut Lavoiser bertambahnya massa logam yang dibakar diudara dikarenakan logam tersebut mengikat oksigen. Nama Oksigen itu sendiri diberikan oleh Lavoiser berdasarkan dugaan bahwa unsur tersebut terdapat dalam semua asam (Oksigen = pembentuk asam).

Oksigen dikenal dalam dua bentuk alotrop yaitu dioksigen (O2) dan trioksigen (O3).

Nah dibawah ini pembahasan masing-masing karakteristiknya :

A. Karakteristik dioksigen
1. Gas tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Berwarna biru pada fasa padat dan cair serta bersifat paramagnetik.
2. Oksigen cair mendidih pada suhu -188 derajat celcius dan membeku pada -218 derajat celcius. Suhu kritisnya -118 derajat celcius
3. Merupakan gas yang sangat reaktif bereaksi dengan hampir semua unsur kecuali gas mulia
4. Daya larut rendah yaitu 5 gram per 100 mL pada 0 derajat celcius
5. Bersifat oksidator dengan membentuk O2 dalam reaksinya.
6. Senyawa oksigen paling banyak terdapat dengan biloks -2. Senyawa oksigen dengan biloks -1, +1 dan +2 berhasil ditemukan. Adapun senyawa peroksida adalah senyawa dengan oksigen yang memiliki biloks -1.
7. Molekul dioksigen yang bersifat diamagnetik doperoleh dari reaksi antara hidrogen peroksida dengan natrium hipoklorit

B. Karakteristik Ozon
1. Gas berwarna biru tua
2. Memiliki titik didih -112 derajat celcius dan bersifat diamagnetik
3. Memiliki struktur bengkok V dengan sudut ikatan 117 derajat.
4. Bersifat racun sangat kuat (konsentrasi maksimum yang diizinkan 0,1 ppm)
5. Dihasilkan pada daerah bertegangan tinggi seperti pada alat fotokopi dan printer laser.
6. Ozon adalah oksidator yang sangat kuat lebih kuat dari oksigen.

Pada lapisan troposfer, Ozon terbentuk secara tidak langsung dari pembakaran bahan bakar fosil serta berpotensi menjadi smog (smoke and fog) fotokimia. Dan penipisan ozon terjadi di lapisan stratosfer (15-50 km diatas permukaan bumi) akibar reaksi berantai antara 1 atom oksigen dari molekul O3 berikatan dengan atom Cl yang berasal dari CFC membentuk radikal bebas ClO dan reaksi ini dapat merusak sampai 100.000 molekul O3 per atom Cl (nah sudah jelas ya kenapa CFC amat berpengaruh pada kerusakan lapisan udara)

Dampak yang ditimbulkan dari penipisan ozon yaitu meningkatnya intensitas radiasi ultraviolet (UV-B) yang bisa mencapai permukaan bumi (next mungkin nanti akan saya bahas bahaya paparan sinar ultraviolet ini).

Pembuatan Oksigen yaitu dengan destilasi bagian udara cair udara kering yang terdiri dari (78% volume N dan 21% volume O, sisanya Ar, CO2 serta gas lainnya) udara tersebut kemudian disaring untuk dipisahkan dari debu. Udara bersih lalu dikompresikan (semacam diberi tekanan) selanjutnya proses pendinginan, pada tahap ini air dan CO2 sudah membeku dan dapat dipisahkan. Setelah melalui menara pendingin, udara kemudian diekspansikan ke pipa yang lebih besar sehingga suhu turun lagi dan sebagian udara akan mencair. Nah udara yang belum mencair diproses lagi dan masuk ke kompresor, setelah itu udara cair didestilasi untuk memisahkan oksigen dan nitrogen.

Udah dulu ya, nanti kalau ada yang kurang-kurang saya update lagi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: